Kapolres Sambas Pimpin Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan Tahun 2023




Sambas, Polda Kalbar - Kapolres Sambas Polda Kalimantan Barat AKBP Sugiyatmo, S.I.K, hari ini Selasa 21/6/2023 pukul 08.00 wib bertindak sebagai pemimpin Apel dalam acara Apel Kepala Satuan Keamanan Lingkungan atau KasatKamling Tahun 2023.

Apel Kasatkamling dihadiri oleh Kapolres AKBP Sugiyatmo,S.I.K, selaku pemimpin apel berserta Forkopimda Kabupaten Sambas, Wakapolres Sambas Kompol Muhammad Aminuddin, S.I.K,M.H, PJU Polres Sambas, Kapolsek jajaran, personil Polres Sambas, Babinkamtimas, Kasatkamling serta Linmas.

Dalam kesempatan apel tersebut, Kapolres Sambas AKBP Sugiyatmo selaku pemimpin apel menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo,
"Bahwa apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat revitalisasi Satkamling, semoga kegiatan ini dapat mengangkat semangat dan mengoptimalisasikan peran awak satkamling dalam mengemban fungsi Kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa"jelasnya.

"Salah satu bentuk pam swakarsa yang berada dibawah pembinaan Polri adalah satuan keamanan lingkungan atau Satkamling, yang merupakan garda terdepan disetiap lingkungan rt/rw pada Kelurahan/Desa. Oleh sebab itu kehadirannya diharapkan menjadi early warning (peringatan dini) terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif" ungkapnya.

Ditambahkan "Awak satkamling adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili, sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama.
Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-POLRI dan pemangku kepentingan lainnya, terimakasih dan apresiasi kepada seluruh awak satkamling serta stakeholder terkait" tutup Kapolres dalam amanatnya.

Penulis : Humas Polres Sambas

Komentar